Selasa, 17 April 2012

Definisi dan Perbedaan antara Bimbingan dan Konseling

Mungkin sebagian besar dari kita belum paham benar tentang pengertian bimbingan dan konseling. Pertama kali mendengar nama Bimbingan dan Konselingpun saya merasa bahwa itu adalah satu kesatuan yang memiliki satu makna. Ehh, ternyata salah, sebagai mahasiswa dari jurusan BK saya akan mencoba mengulasnya sedikit. Check it out....!!!


A. Pengertian Bimbingan
            Bimbingan merupakan terjemahan dari kata guidance, yang berasal dari kata guide, mempunyai arti menunjukkan, menuntun, memimpin, mengarahkan, memberi nasihat, mengatur. Pada dasarnya  bimbingan memiliki kemajemukan dalam pengartiannya. Dalam perumusan definisi bimbingan terdapat beberapa kata kunci, yakni proses, bantuan, orang-perorang, memahami diri dan lingkungan hidup. Dari beberapa kata kunci tersebut akan didapat pengertian dari bimbingan
            Jadi pengertian utuh dari bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada orang-perorang agar orang tersebut bisa memahami diri dan lingkungan hidupnya dengan baik.

B. Pengertian Konseling
            Konseling merupakan terjemahan dari kata counseling yang berasal dari kata counsel, mempunyai arti nasihat, anjuran,  pembicaraan. Banyak ahli mengartikan kata dari konseling yang dari kesemuanya didapatkan kesamaan yaitu pemecahan masalah.
Dalam perumusan definisi konseling terdapat beberapa kata kunci yaitu, proses, bantuan, konselor, konseli, wawancara, face to face, masalah, kesejahteraan hidup.
            Jadi dapat diartikan bahwa konseling adalah proses pemberian bantuan oleh konselor kepada konseli dengan cara wawancara atau diskusi yang dilakukan secara face to face dalam membantu menyelesaikan masalahnya agar didapat kesejahteraan hidup.
            Karakteristik konseling :
-          Umumnya dilakukan secara individu antara konselor dengan konseli
-          Dilakukan dengan wawancara atau diskusi
-          Dilakukan secara face to face
-          Bersifat kuratif atau korektif

C. Keterkaitan Bimbingan dan Konseling
            Menurut Jones (1963) konseling dipandang sebagai salah satu teknik dari bimbingan, jadi bimbingan memiliki pengertian yang lebih luas dibanding konseling. Blum dan Balinsky (1973) cenderung menyamakan pengertian bimbingan dan pengertian konseling.
            Perbedaan pengertian bimbingan dan konseling adalah :
-          Konseling merupakan salah satu metode dari bimbingan, yang berarti bimbingan memiliki arti yang lebih luas. Oleh karena itu konseling merupakan bimbingan tapi tidak semua bentuk bimbingan merupakan konseling.
-          Pada konseling sudah pasti ada masalah sedangkan pada bimbingan belum tentu ada masalah
-          Konseling bersifat kuratif atau korektif, sedangkan bimbingan lebih bersifat preventif atau pencegahan.
-          Konseling dilakukan secara individual melalui face to face, sedangkan bimbingan umumnya dilakukan secara berkelompok

3 komentar: